Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Secara Alami

Cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami dan mudah dengan menggunakan bahan yang aman. Setidaknya sekali seumur hidup pasti sobat pernah mengalami rambut dihinggapi kutu kan? Kutu ini biasanya banyak bersarang di rambut anak-anak. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga kalau kita-kita orang dewasa ini juga bisa dihinggapi kutu.Yang lebih menyebalkan lagi, perkembangan kutu rambut ini sangat pesat. Dalam sehari ia bisa bertelur sekitar lebih dari 6 kutu yang akan membuat rambut sobat terasa sangat gatal dan mudah kotor. Kabar buruknya, kalau sobat dekat-dekat dengan orang yang rambutnya kutuan, sobat pun akan sangat rentan tertular. Sebenarnya untuk menghabisi kutu rambut itu tergolong mudah. Yang agak sulit adalah menghilangkan telur kutu yang sudah terlanjur menempel di tiap helai rambut. Telur kutu yang berwarna putih tersebut sulit dihilangkan kalau tidak kita ambil satu per satu.

Apabila kutu dewasa tetap bisa berkembang biak, membuang telur kutu dari rambut orang yang terserang tidak akan berpengaruh. Selama kutu dewasa tetap hidup, tumpukan telur baru akan terus muncul pada rambut. Kemudian telur baru ini akan menetas dan berubah menjadi kutu, yang nantinya akan bertelur dalam jumlah yang lebih banyak. Siklus yang tiada akhir ini tidak akan berhenti sebelum semua kutu dewasa dibunuh.

Merendam rambut di dalam air dalam jangka waktu yang lama tidak bisa membunuh kutu atau membuatnya mati tenggelam. Penelitian menunjukkan bahwa kutu rambut bisa menempel di rambut atau kulit kepala ketika ada air yang menggenanginya dan bisa bertahan hidup di dalam air selama beberapa jam. Sayangnya, kutu rambut juga tidak bisa mati meskipun terendam di dalam air kolam renang yang diberi klorin.

Cuci rambut Anda atau orang yang terserang kutu rambut dengan sampo kutu yang bisa dibeli tanpa resep dokter untuk membunuh kutu dewasa. Jika serangan kutu rambut sangat parah, Anda juga bisa menggunakan sampo kutu dari resep dokter yang memiliki daya basmi yang kuat. Cobalah menggunakan sampo dari resep dokter. Salah satu pilihannya adalah Pyrethrum, yang terbuat dari bunga krisan yang mengandung insektisida alami bernama pyrethrins. Pyrethrins menyerang sistem saraf kutu rambut, meskipun saat ini beberapa kutu sudah kebal dengan racun ini.

Olesi rambut yang kering dengan sampo tersebut. Tunggu sekitar sepuluh menit, lalu tambahkan air dan gosok rambut Anda hingga samponya berbusa, kemudian bilas. Lalu cobalah untuk menghilangkan telurnya dan ulangi proses ini 7 hingga 10 hari kemudian, untuk membasmi sisa-sisa kutu.

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Namun jangan khawatir, ada tips yang cukup membantu sobat untuk melenyapkan telur kutu di rambut. Bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini!

Pindah ke lokasi khusus untuk membersihkan telur kutu
Untuk membersihkan telur kutu sobat tidak boleh melakukannya di sembarang tempat, misalkan di kamar. Jangan ya! Nantinya malah telur-telur tersebut bisa pindah kemana-mana. Usahakan untuk pindah ke tempat yang lebih terbuka dan banyak sinar matahari atau tempat yang terang. Sediakan pula handuk putih di bahu agar memudahkan sobat untuk melihat telur kutu mana yang telah berjatuhan.

Bersihkan rambut dengan cuka
Cuka juga dapat sobat gunakan untuk menghilangkan telur kutu. Telur kutu biasanya dilapisi dengan suatu zat lengket yang membuatnya bisa begitu bertahan di tiap helai rambut. Nah, untuk membuatnya berjatuhan dengan sendirinya, sobat bisa memakai cuka yang berfungsi untuk menghilangkan zat lengket tersebut. Langkah yang harus sobat lakukan adalah dengan membasahi rambut menggunakan air hangat. Lalu olesi rambut sobat menggunakan cuka. Pastikan mengoleskan cuka secara rata di tiap helai rambut ya! Setelah didiamkan beberapa saat, bersihkan rambut menggunakan air hangat.

cara menghilangkan telur kutu rambutSobat tahu serit? Sisir kecil khusus kutu yang bergigi rapat. Sebelum melakukan cara ini, ada baiknya sobat mengoleskan rambut dengan leave-in conditioner agar rambut tidak mudah kusut. Setelah diolesi kondisioner, sobat dapat menyisir rambut dengan serit. Sisirlah pelan-pelan saja agar kulit kepala sobat tidak terluka. Pastikan sobat menyisir rambut secara rata mulai dari pangkal rambut hingga ke ujungnya. Hal ini dilakukan agar telur-telur kutu yang bersarang di tiap rambut bisa berjatuhan seiring dengan sobat menyisir rambut. Agar lebih efektif, sobat bisa melakukan cara ini setelah mengolesi rambut dengan cuka seperti cara sebelumnya yang telah kami jelaskan.

Obat kumur
Sobat juga dapat menghilangkan kutu dengan menggunakan Listerine original. Caranya mudah kok, sobat hanya perlu mencuci rambut dengan Listerine. Lalu tutup rambut menggunakan shower cap selama setengah jam. Setelah itu bilas rambut sampai bersih menggunakan air hangat.

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Ada satu hal yang perlu sobat perhatikan. Hindari penggunaan kapur ajaib atau kapur pembasmi serangga sebagai obat kutu rambut. Sebab, kapur-kapur semacam itu mengandung banyak zat kimia yang bisa merusak lapisan rambut dan juga kulit kepala sobat. Jangan samakan kutu rambut dengan serangga biasa. Daripada menggunakan kapur ajaib, sobat lebih baik menggunakan obat pembasmi kutu yang sudah banyak dijual di apotek seperti Peditox dan sebagainya. Selain murah, penggunaan obat khusus pembasmi kutu rambut malah lebih aman daripada kapur ajaib.

Rapikan rambut yang kusut dengan leave-in conditioner (kondisioner yang tidak perlu dibilas) dan sikat rambut biasa. Cobalah merapikan seluruh rambut yang kusut agar Anda bisa lebih mudah menggunakan sisir kutu tanpa rasa sakit.

Mulailah menyisir telur kutu. Anda memerlukan sisir kutu dari logam untuk melakukannya. Sisir bergigi halus dan kaku memiliki kemampuan yang lebih baik untuk membersihkan telur kutu daripada sisir plastik. Anda bisa membeli sisir kutu di hampir semua toko obat dengan harga tidak lebih dari Rp13 ribu. Untuk mencari telur kutu yang sulit dilihat, gunakan kaca pembesar jika memungkinkan.

Ketika Anda menyiramkan cuka, sebagian besar telur kutu pasti akan terlepas dari rambut. Akan tetapi, tetap ada sejumlah kecil telur yang masih menempel di rambut yang basah. Sisir satu jumput kecil rambut pada satu waktu dengan sisir kutu bergigi rapat. Teruskan menyisir seluruh rambut dengan hati-hati. Bersihkan sisir kutu setiap kali digunakan pada satu jumput rambut. Setelah sisir kutu digunakan pada satu jumput rambut, bersihkan sisir tersebut di dalam mangkuk yang telah diisi dengan air dan sabun cuci piring. Lalu keringkan sisir tersebut dengan tisu wajah atau tisu dapur. Bersihkan semua kutu atau telur kutu yang melekat pada sisir.

Ulangi proses ini hingga seluruh rambut selesai disisir. Jika Anda selesai menyisir satu jumput rambut, jepitlah rambut yang telah disisir tersebut ke bagian samping kepala agar kutu dan telur kutu tidak menempel kembali pada rambut tersebut.

Cuci rambut Anda. Mungkin Anda ingin mencuci rambut sekali lagi setelah selesai menyisir seluruh rambut. Meskipun pada titik ini Anda telah membuang semua telur dan kutu yang masih hidup, tidak ada salahnya Anda memberi bilasan terakhir agar rambut lebih bersih. Sebaiknya Anda menggunakan kembali sampo kutu agar semua kutu yang hidup dan telurnya benar-benar hilang.

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Jika rambut Anda telah kering, periksa dengan cermat untuk mencari tanda-tanda keberadaan kutu atau telur kutu. Apabila masih ada kutu atau telur kutu yang menempel pada rambut, lakukan kembali proses pembersihan mulai dari awal. Bersihkan peralatan yang baru Anda gunakan. Buang air sabun dan bersihkan mangkoknya, atau tuangkan air mendidih ke dalam mangkok dan tutup rapat. Rendam juga sikat rambut, penjepit rambut, sisir kutu, dsb. ke dalam wadah yang telah diisi air mendidih, tetapi cobalah membersihkan semua helai rambut dan telur kutu dari peralatan tersebut terlebih dahulu.

Cara yang lain, campurlah dua cangkir air mendidih dengan satu cangkir amonia. Rendam sisir kutu di dalam campuran air dan amonia selama 15 menit, lalu bersihkan sisir tersebut dengan sikat gigi bekas.