13 Cara Pengobatan Kutu Rambut Paling Efektif Serta Aman

Pengobatan Kutu Rambut Umumnya masalah kutu rambut dialami oleh anak-anak, namun tidak jarang orang dewasa juga mengalaminya. Keberadaan kutu dalam kulit kepala seringkali menyebabkan rasa gatal. Tentu saja kondisi ini membuat penderitanya merasa sangat terganggu dan tak percaya diri.Berikut ini ulasan lengkap dari seputar kutu rambut, penyebab munculnya kutu rambut, bahaya dari kutu rambut, serta cara menghilangkan kutu rambut.

Apa Sih Kutu Rambut Itu..?

Dalam ilmu medis, kutu rambut dikenal sebagai Pediculus Humanus Capitis. Kutu bertahan hidup dengan cara menghisap darah manusia. Semakin banyak volume darah yang dihisap, ukuran kutu akan semakin besar.

Siklus hidup kutu rambut dimulai saat kutu betina bertelur. Telur-telur tersebut umumnya bertahan selama 4-7 hari. Telur kutu ini berbentuk mirip biji wijen, sangat kecil berwarna putih dan menempel di helaian rambut.

Pengobatan Kutu Rambut

Di hari ke-8, telur akan menetas mengeluarkan larva. Di hari 9-12, kutu akan tumbuh dewasa dan mulai bertelur. Semasa hidupnya kutu betina mampu menghasilkan 120-180 telur. Dan mencapai hari ke-30, masa hidup kutu habis dan biasanya akan mati.

Ciri-Ciri Orang Yang Memiliki Kutu Rambut

Terdapat beberapa ciri yang kerapkali terlihat pada orang yang memiliki kutu rambut, diantaranya yaitu:

  • Munculnya rasa gatal dengan intensitas berlebihan
  • Merasakan ada sesuatu yang merayap di bagian kulit kepala
  • Terlihat koloni telur berbentuk bintik-bintik putih (mirip ketombe) menempel di helaian rambut
  • Terkadang disertai munculnya ruam merah di bagian belakang leher dan belakang daun telinga

Penyebab Munculnya Kutu Rambut

Kira-kira apa sih penyebab munculnya kutu rambut? Padahal sudah sering keramas, tapi kok masih kutuan? Dilansir dari HealthLine.com, dibawah ini beberapa faktor penyebab munculnya kutu rambut di kepala:

  • Kontak langsung (menyentuh) kepala atau rambut orang yang terinfeksi kutu rambut
  • Meminjam barang-barang orang yang memiliki kutu rambut, seperti sisir, topi, jepit rambut, dan alat-alat lain yang dikenakan disekitar kepala lainnya
  • Kutu rambut juga bisa menular lewat benda berbahan kain, seperti pakaian, kerudung, handuk, sprei dan sebagainya

Pengobatan Kutu Rambut

Fakta Seputar Kutu Rambut

Selama ini banyak sekali mitos-mitos seputar kutu rambut yang beredar di masyarakat. Misalnya saja kutu rambut bisa terbang dari rambut penderita ke rambut orang lain. Kira-kira apakah benar hal tersebut? Nah, agar tidak salah kaprah yuk ketahui fakta-fakta seputar kutu rambut di bawah ini.

  1. Kutu Rambut Manusia Tidak Bisa Menular Ke Binatang Peliharaan, Kutu rambut hanya bisa menular dari manusia satu ke manusia lainnya. Tidak mungkin manusia tertular kutu binatang peliharaan, begitupun sebaliknya karena jenis kulit dan kutu yang berbeda.
  2. Kutu Rambut Tidak Bisa Terbang Atau Melompat Jauh Kamu pasti sering mendengar bahwa kutu rambut bisa menular dengan cara terbang atau melompat menuju kepala manusia lain. Pernyataan ini hanyalah mitos belaka, tidak benar bahwa kutu rambut manusia bisa terbang ataupun melompat jauh. Kutu rambut sebenarnya jarang mau berpindah dari penderitanya, namun mereka bisa bergerak cepat di sepanjang helai rambut. Penularan kutu rambut hanya lewat benda-benda atau kontak langsung dengan si penderita.
  3. Ukurannya Sebesar Biji Wijen Ukuran kutu rambut memang bervariasi, bergantung pada umur dan sebanyak apa darah yang dikonsumsi. Namun rata-rata kutu rambut memiliki ukuran sebesar biji wijen. Warnanya juga bermacam-macam, mulai dari cokelat, abu-abu hingga hitam.
  4. Suka Bersembunyi Di Tempat Gelap Kenapa kutu jarang sekali terlihat di permukaan rambut? Hal ini dikarenakan kutu lebih suka bersembunyi di tempat-tempat yang gelap dan bersuhu hangat, misalnya akar rambut, belakang telinga, di rambut yang dijepit karet dan di dekat leher.
  5. Proses Reproduksinya Sangat Cepat Umumnya kutu betina dapat bertelur 1-2 hari setelah pembuahan dari kutu jantan. Dalam sehari, jumlah telur yang dihasilkan bisa mencapai 10 buah. Kutu betina akan terus bereproduksi selama masa hidupnya hingga mati. Jika diperkirakan total telur yang diproduksi sekitar 120-180 buah telur selama 30 hari.
  6. Usia Hidup Kutu Hanya 1 Bulan Walaupun kutu mampu bereproduksi dengan cepat, namun masa hidup kutu terbilang cukup singkat, yakni sekitar 1 bulan atau 30 hari. Kutu dewasa akan mati dengan sendirinya.
  7. Rasa Gatal Disebabkan Air Liur Kutu Orang yang memiliki kutu rambut biasanya tidak bisa menahan gatal pada rambutnya. Terutama saat menggunakan penutup kepala, baik itu topi ataupun kerudung. Sebenarnya penyebab rasa gatal tersebut selain dikarenakan kutu menghisap darah, juga keluarnya air liur kutu pada permukaan kulit kepala.
  8. Telur Kutu Melekat Erat Di Rambut Seperti Lem Jika dilihat sekilas, telur dari kutu rambut memang tampak seperti ketombe. Namun keduanya sangatlah berbeda. Ketombe mudah sekali dikebas dari rambut. Sedangkan telur kutu melekat erat pada rambut seperti lem. Untuk mengambilnya, Kamu harus menariknya dengan kuat atau menggunakan sisir serit.
  9. Reproduksi Meningkat Saat Cuaca Panas Ternyata kutu lebih menyukai cuaca panas dibandingkan dingin. Saat lingkungan kulit kepala terasa panas atau hangat, kutu-kutu akan bereproduksi lebih cepat. Itulah mengapa saat Kamu menggunakan topi atau kerudung, rasa gatal akan memuncak.
  10. Lebih Banyak Diderita Wanita Dibandingkan laki-laki, wanita lebih banyak menderita kutu rambut. Hal ini dikarenakan laki-laki cenderung memiliki jumlah rambut sedikit dan pendek. Sedangkan wanita mempunyai rambut panjang, itulah mengapa kutu lebih suka bersarang di rambut wanita.
  11. Menyebabkan Koreng Ketika kutu rambut mulai menggandakan diri dengan cepat, disaat itulah biasanya rasa gatal akan memuncak. Apabila kita tidak tahan, lalu menggaruknya dengan kuat maka tindakan ini bisa menyebabkan iritasi atau luka pada kulit kepala. Saat kulit kepala terluka, bakteri atau kuman jadi lebih mudah masuk lewat pori-pori kulit. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan koreng.
  12. Berisiko Menimbulkan Anemia Apabila jumlah kutu sudah terlalu banyak bahkan menginfeksi kulit kepala hingga iritasi, bukan tak mungkin si penderita akan mengalami anemia. Hal ini dikarenakan kutu rambut terus-menerus menghisap darah dari permukaan kepala penderita. Sehingga penderita akan mengalami kekurangan darah (anemia).

Pengobatan Kutu Rambut    Pengobatan Kutu Rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Cara Umum

Keberadaan kutu di rambut tentunya harus secepatnya disingkirkan agar tidak menganggu kenyamanan dan kesehatan kulit kepala. Berikut ini adalah beberapa cara umum untuk mengusir kutu rambut.

Gunakan Sisir Khusus (Serit)

Anda pasti sudah tidak asing dengan sisir serit, bukan? Sisir ini dibuat khusus untuk mengusir kutu rambut. Bentuknya mirip sisir biasa, namun memiliki gigi yang lebih rapat. Untuk menggunakan sisir ini, sebelumnya bahasi dulu rambut dengan kondisioner atau minyak kelapa. Tujuannya agar kutu dan telurnya mudah menempel di sisir.

Selanjutnya siapkan kertas putih di depan Anda. Lalu mulailah menyerit rambut secara perlahan. Mulai dari bagian depan, samping dan belakang. Usahakan untuk merata ke seluruh bagian kulit kepala. Nantinya kutu akan berjatuhan di kertas putih.

Sedangkan untuk telur biasanya lebih sulit dihilangkan. Kamu harus fokus pada area rambut yang dijadikan sarang telur. Kemudian sisir berulang kali hingga telurnya menempel pada serit. Biasanya telur ini menempel bersama ketombe dan membentuk gumpalan warna hitam di sela-sela gigi serit.

Obat Penghilang Kutu Rambut

Cara lain untuk menghilangkan kutu yang cukup ampuh adalah menggunakan obat peghilang kutu. Salah satunya adalah Peditox, Kamu bisa mendapatkannya di Apotek terdekat. Umumnya obat kutu mengandung senyawa permethrin atau pyrethrins-piperonyl butoxide.

Senyawa pyrethrin merupakan hasil ekstraksi dari bunga krisan. Umumnya para apoteker mengombinakasikan senyawa pyrethrin dengan piperonyl butoxide atau permethrin. Senyawa tersebut ampuh membunuh kutu rambut dengan cara melemahkan sel syaraf kutu.

Cara Menghilangkan Kutu Dengan Bahan-Bahan Alami

Selain menggunakan cara-cara diatas, kutu rambut juga bisa dihilangkan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tentunya penggunaan bahan alami ini lebih disarankan daripada memakai obat kimiawi, sebab bahan alami lebih aman di kulit kepala. Jadi Kamu tak perlu khawatir mengalami iritasi.

Biji Buah Srikaya

Pernah dengar tentang manfaat biji buah srikaya sebagai pembasmi kutu rambut? Percaya deh, khasiat dari biji srikaya ini enggak kalah ampuh dari obat kutu yang beredar di pasaran. Dalam biji tersebut tersimpan kandungan minyak dari asam lemak dan beragam senyawa lain yang mampu membunuh kutu sekaligus telurnya.

Cara penggunaanya:

  • Pertama, haluskan sekitar setengah mangkuk biji srikaya dengan cara ditumbuk hingga keluar minyaknya
  • Balurkan pada rambut dan kulit kepala
  • Diamkan semalaman dengan menggunakan handuk agar tidak mengotori tempat tidurmu
  • Keesokan paginya, Kamu akan melihat kutu-kutu mabuk yang menempel di handukmu
  • Terakhir, cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan minyak

Pengobatan Kutu Rambut    Pengobatan Kutu Rambut

Minyak Almond

Minyak almond tak sekedar bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. Selain bisa digunakan sebagai cara memerahkan bibir dan menebalkan alis, ternyata minyak yang diperas dari biji almond ini juga ampuh untuk mengusir kutu rambut.

Cara penggunaanya:

  • Pertama, pastikan Kamu menyediakan minyak almond murni
  • Kemudian, oleskan minyak tersebut pada rambut dan kulit kepala setiap sebelum tidur malam
  • Bungkus rambut dengan handuk atau shower cup
  • Diamkan semalaman
  • Pagi harinya, serit rambut terlebih dahulu
  • Lalu keramaslah dengan shampo untuk membersihkan rambut
  • Metode ini aman untuk digunakan berulang kali. Jika Kamu mengalami kondisi kutuan yang parah, sebaiknya aplikasikan metode ini 2-3 kali dalam seminggu.

Minyak Kelapa

Berkat kandungan vitamin E yang tinggi, minyak kepala ini sangat dikenal bagus untuk perawatan rambut. Minyak ini merangsang pertumbuhan rambut serta mengembalikan warna hitam alami dari rambut.

Dilansir dari laman OrganicFacts.net, dipaparkan bahwa minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang tinggi, seperti asam kaprat, asam kaprilat, asam laurat yang dapat membuat folikel rambut jadi lebih licin, sehingga telur kutu pun sulit untuk menempel.

Minyak kelapa juga memiliki kandungan antibakteri yang membantu mencegah kutu bereproduksi serta melindungi kulit kepala dari iritasi.

Cara penggunaanya:

  • Oleskan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala sebelum tidur malam
  • Bungkus rambut dengan handuk atau shower cup
  • Diamkan semalaman
  • Lalu pagi harinya serit rambut dan bilas dengan shampo

Pengobatan Kutu Rambut

Minyak pohon teh (Tea tree oil)

Selain minyak almond dan minyak kelapa, Kamu juga bisa memanfaatkan minyak yang diperoleh dari tanaman Melaleuca alternifolia ini. Seperti dikutip dari LiveStrong.com, minyak essensial tea tree oil memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang cukup kuat, yakni berasal dari adanya senyawa aktif terpinen-4-ol. Senyawa ini berperan sebagai insektisida yang dapat membantu membunuh kutu beserta telurnya.

Cara penggunaanya:

  • Taburkan minyak tea tree oil pada kulit kepala dan rambut
  • Pijat-pijat selama 5 menit
  • Tutup rambut dengan shower cup
  • Diamkan selama semalaman
  • Pagi harinya, sisir rambut dengan serit untuk mengeluarkan kutu yang sudah mati
  • Terakhir, cuci rambut dengan shampo
  • Untuk hasil terbaik, aplikasikan metode ini 1-2 kali dalam seminggu
  • Oh ya, Kamu juga bisa mengombinasikan minyak pohon teh (tea tree oil) dengan minyak kelapa.

Minyak Zaitun

Jika Kamu memiliki minyak zaitun di rumah, Kamu boleh memanfaatkannya sebagai obat pengusir kutu. Selain membersihkan rambut dari kutu, minyak yang memiliki kandungan kaya akan vitamin E ini juga membuat tiap helaian rambut lebih sehat dan berkilau.

Cara penggunaanya:

  • Pastikan Kamu menggunakan minyak ini dalam kondisi rambut bersih
  • Balurkan minyak zaitun pada rambut saat malam hari sebelum tidur
  • Gunakan shower cup. Kamu mungkin akan merasakan gatal, tapi cobalah bertahan.
  • Kemudian keesokan paginya sisir rambut dengan serit
  • Dan terakhir, bilas rambut dari sisa-sisa minyak menggunakan shampo

Cuka Putih

Cuka putih juga bisa membantu membersihkan rambutmu dari telur-telur kutu. Kandungan asam dalam cuka bersifat sebagai antiseptik yang mampu membunuh kutu-kutu muda. Asam tersebut juga bisa melarutkan telur kutu (nits) sehingga telur kutu terlepas dari helaian rambut dan mudah untuk dikeluarkan dengan sisir serit.

Cara penggunaanya:

  • Pertama campurkan cuka putih ke dalam air dengan perbandingan 1:1
  • Aduk dengan sendok
  • Balurkan pada rambut secara merata dan juga kulit kepala
  • Tutup rambut dengan shower cup selama kurang lebih 30 menit
  • Lalu sisir rambut dengan serit untuk mengeluarkan telur-telur kutu
  • Terakhir, keramaslah dengan shampo
  • Untuk melakukan metode ini, sebaiknya pilihlah cuka putih murni tanpa tambahan zat kimia sintesis. Sebab adanya bahan-bahan sintesis terkadang membuat seseorang alergi dan memicu iritasi pada kulit kepala.

Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya dapat menumpas kutu dan telur dalam rambut. Umumnya masyarakat menggunakan lendir lidah buaya untuk membersihkan rambut dan membuat rambut menjadi lebih hitam berkilau.

Cara penggunaanya:

  • Siapkan satu buah daun lidah buaya
  • Ambil bagian bawah daun, cuci bersih lalu potong menjadi dua bagian
  • Usapkan lendir lidah buaya pada kulit kepala dan rambut secara merata
  • Pijat-pijat selama 3-5 menit
  • Lalu tutup rambut dengan handuk selama 1 jam
  • Serit rambut untuk membersihkan kutu dan telurnya
  • Setelah itu cuci rambut dengan shampo

Lemon

Buah ini tidak hanya segar untuk dikonsumsi. Lemon juga ampuh digunakan untuk membunuh telur kutu. Lemon menyimpan kandungan asam sitrat dengan kadar 5%. Kandungan ini dapat membantu melarutkan zat semen yang menempel pada rambut, sehingga nantinya telur-telur kutu pun bisa terlepas dengan mudah.

Cara penggunaanya:

  • Siapkan setengah cangkir air perasan lemon
  • Balurkan pada kulit kepala dan rambut
  • Tutup rambut dengan shower cup, maksimal hingga 30 menit
  • Bersihkan kutu dan telurnya dengan sisir serit
  • Setelah itu, bilas rambut dengan shampo

Mayones

Siapa sih yang tidak suka mayones? Saus yang terbuat dari kombinasi minyak nabati, kuning telur dan cuka ini memang paling nikmat jika disuguhkan dengan kentang goreng atau sandwich.

Nah, ternyata mayones ini juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengusir kutu rambut. Kemampuan mayones dalam mengusir kutu didapatkan berkat kandungan minyak nabati di dalamnya.

Cara penggunaannya:

  • Oleskan mayones pada rambut secara menyeluruh.
  • Utamakan bagian-bagian di akar rambut, belakang telinga dan di dekat leher
  • Tutup rambut dengan shower cup
  • Biarkan selama 6-7 jam
  • Bersihkan rambut dari kutu dan telurnya dengan menggunakan sisir serit
  • Setelah itu, cuci rambut dengan shampo

Daun Sirsak

Khasiat daun sirsak sebagai zat antibakteri nampaknya tak perlu diragukan lagi. Daun ini sering digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk mengobati beragam penyakit, salah satunya untuk penghilang kutu rambut.

Cara penggunaannya:

  • Siapkan beberapa helai daun sirsak (5-10 helai)
  • Masukkan ke dalam panci yang berisi air. Lalu panaskan hingga mendidih
  • Diamkan hingga air rebusan dingin
  • Kemudian usap-usapkan pada kulit kepala dan rambut
  • Tutup rambut dengan shower cup selama 3 jam
  • Untuk pembersihan lebih optimal, sisir rambut menggunakan serit
  • Setelah itu, Kamu bisa membilasnya dengan shampo

Bawang Putih

Rempah yang satu ini memang akan memberikan efek panas bila dioleskan pada kulit kepala. Namun kandungan sulfur di dalamnya juga bisa membantu mengusir kutu berserta telur-telurnya.

Selain itu, untuk memperoleh hasil lebih optimal, Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan jus lemon. Perpaduan kedua bahan ini bisa berperan ampuh dalam membunuh kutu rambut.

Cara penggunaannya:

  • Haluskan 2 buah bawang putih dengan blender
  • Tambahkan sedikit jus lemon
  • Aduk rata hingga adonan menjadi pasta
  • Balurkan pada rambut hingga rata
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Sisir rambut dengan serit untuk membersihkan sisa-sisa kutu dan telur
  • Cuci rambut dengan air hangat atau shampo

Pengobatan Kutu Rambut    Pengobatan Kutu Rambut

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan efektif. Metode diatas bisa Kamu aplikasikan 1-2 kali dalam seminggu.

Saran : pastikan bahwa obat yang digunakan pada rambut aromanya tidak terhirup bayi, karena beberapa obat pengeriting atau pewarna rambut ada yang baunya agak lama hilang dan bila terhirup bayi yang berada dalam dekapan ibu secara terus menerus tentu tidak baik bagi paru – paru bayi karena mengandung zat kimia. Selamat menjaga kehamilan dan berbahagia untuk kelahiran dengan tetap menjaga penampilan dan kesehatan tubuh terutama bagi yang bermasalah dengan rambut. Walaupun sudah mempunyai anak tetap harus tampil cantik dan segar, agar suami betah di rumah. salam hangat, Bidan Romana Tari ( Gambar koleksi pribadi , diambil saat perjalanan tugas Posyandu di desa Air sugihan . Sumsel 20 th lalu ).

Disclaimer :

Setiap hasil obat kutu rambut TIGABLAS berbeda antara satu konsumen dengan konsumen lain nya, untuk melihat hasil dan buktinya silahkan hubungi kami secepatnya. kami akan kirimkan scrrenshot percakapan TESTIMONI asli pasien kami.

 Sumber : www_ohgitu.id/cara-menghilangkan-kutu-rambut/